PROFIL
Profil SMP AL-ISHOM
Dalam postingan ini, kami akan memperkenalkan SMP AL-ISHOM kepada pembaca, yaitu meliputi Profil Singkat, Visi, Misi, Tujuan, dam Kurikulum Sekolah.
Dalam postingan ini, kami akan memperkenalkan SMP AL-ISHOM kepada pembaca, yaitu meliputi Profil Singkat, Visi, Misi, Tujuan, dam Kurikulum Sekolah.
Profil Singkat Sekolah
SMP AL-ISHOM merupakan sekolah menengah berbasis kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yang berada di bawah naungan Yayasan Al-Ishlah Al-Ishom, berupaya mengembangkan konsep pendidikan untuk memadukan pendidikan pondok pesantren dengan pendidikan formal dari Kementerian Pendidikan Nasional. Dari upaya tersebut, diharapkan SMPAL-ISHOM dapat membentuk pribadi unggul, beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT, cerdas intelektual, emosional dan spiritual, memiliki wawasan kebangsaan dan wawasan global serta berakhlaqul karimah.
Visi
“Terwujudnya generasi muslim yang berpendidikan, berwawasan luas, kreatif dan berakhlaqul karimah”
Misi
1. Melaksanakan pembelajaran secara efektif dan efisien
2. Mengembangkan penghayatan dan pengamalan syari’at Islam
3. Melaksanakan bimbingan dan pembinaan siswa berakhlaqul karimah
4. Memperhatikan serta menyalurkan bakat dan minat siswa
5. Menyediakan fasilitas sarana dan prasarana pengembangan bakat siswa
Tujuan
1. Meletakkan dasar kecerdasan pikir, kecerdasan hati, kecerdasan rasa dan kebugaran raga
2. Membentuk peserta didik berakhlaq mulia, berkepribadian, memiliki jiwa nasionalisme dan patriotisme serta memiliki kepekaan sosial sebagai anggota masyarakat
3. Meletakkan dasar pengetahuan tentang ilmu pengetahuan, tekhnologi dan estetika
4. Meletakkan dasar keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut.
Kurikulum
a. Kurikulum Sekolah
Kurikulum SMP AL-ISHOM merupakan perpaduan antara Kurikulum Nasional dan Pondok Pesantren dengan pendekatan berbagai metode pembelajaran berbasis multimedia serta kegiatan ekstrakurikuler yang berbasis life skill
o Program Umum: Kurikulum dibawah Dinas Pendidikan dengan KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan)
o Program Khusus: Pengembangan berbagai teknologi dan life skill serta pengembangan pemahaman dan pengamalan ilmu agama
o Program Tambahan: Berbagai ekstrakurkuler dan pengembangan diri, meliputi: Wajib (Pramuka), dan Pilihan (Futsal, Qiro’, Kaligrafi, PMR, Silat, & Rebana)
b. Kurikulum Pondok Pesantren
Kurikulum pendidikan di Pondok Pesantren Al-Ishlah Al-‘Ishom merupakan perpaduan antara sistem klasikal dan modern yang berdasarkan atas asas ahlu sunnah wal jama’ah. Para murid atau santri tidak hanya diberikan materi keagamaan dari berbagai literatur kitab kuning (baik menggunakan metode sorogan maupun bandongan), namun juga pendidikan life skill yang memadai. Pendidikan di Pondok Pesantren Al-Ishlah Al-‘Ishom juga menekankan pentingnya akhlaq budi pekerti serta pengembangan wawasan global (di luar dunia pesantren), sehingga diharapkan santri bisa menghadapi tantangan dunia era modern.
Disini mereka akan dikelompokan menjadi 2 kelas, yaitu kelas ‘Ula (awal) dan Wustho (pertengahan). Adapun materi kitab yang diajarkan adalah sebagai berikut:
o Kelas Ula, materinya meliputi: Al-Qur’an (Juz ‘Amma dan bin Nadhri), Akhlaq lil Banin, Tajwid, Fiqh, Nahwu, Shorof.
o Kelas Wustho, materinya meliputi: Al-Qur’an (Bil Hifdzi), Tafsir Jalalain, Hadist, Fiqh, Alfiyah Ibn Malik, Tasawuf (Al-Hikam).
(SMPAI/Zek)
Komentar
Posting Komentar